Screening Hal Yang Penting Dan Sering Terlupakan Dalam Festival Film

Salah satu poin yang bisa bikin acara screening dalam sebuah festival film sukses adalah pemilihan film yang diputar. Kalau disukai masyarakat dan sudah dikenal luas, apalagi banyak yang nyari-nyari di mana bisa dapetin film itu, udah pasti acara pemutaran kamu bakalan ramai. Tapi ada satu lagi nih faktor penentu yang bisa bikin acara screening kamu didatengin banyak orang, yaitu ide di balik screening itu sendiri.

Gak sedikit pemutaran yang sering kamu lihat itu diadakan hanya untuk sekedar nonton bareng aja. Gak masalah sih, karena intinya adalah untuk mengapresiasi film dan senang-senang. Tapi kalau tujuan kamu lebih dari itu, ada baiknya kalau screening kamu diberi nilai tambahan dan disesuaikan dengan timing yang tepat! Ini beberapa ide yang bisa kamu coba:

In-Depth Screening

Biar acara screening makin seru dan “bernutrisi”, tambahkan sesi diskusi dengan narasumber-narasumber ternama atau yang lebih baik lagi, dengan sutradaranya langsung! Konsep seperti ini bukan hanya menjadi ajang untuk apresiasi film saja, tapi juga bisa menambah wawasan pesertanya dengan mendapatkan insight-insight dan cerita-cerita di balik layar yang mungkin mereka lewatkan dengan hanya menonton filmnya.

Occasional Screening

Dengan menumpang momen-momen penting yang sedang ngetren, screening yang kamu rencanakan pasti akan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada screening-screening lainnya. Beberapa occasion lain yang bisa kamu tebengin itu antara lain Hari Bumi (dengan memutar film-film mengenai alam seperti “Flutter Echoes and Notes Concerning Nature”), atau mungkin peristiwa-peristiwa penting bersejarah seperti tragedi 98 (dengan memutar film-film seperti “Langit Masih Gemuruh”).

Holiday Screening

Selain momen-momen penting, hari-hari libur yang dirayakan secara nasional dan internasional seperti liburan sekolah atau libur Natal dan Tahun Baru bisa juga dijadikan tema untuk acara pemutaran kamu, lho! Apalagi karena bertepatan dengan libur panjang, orang-orang yang datang pun bisa jadi lebih banyak.

Charity Screening

Ini dia ide konsep pemutaran yang paling oke: untuk beramal. Dengan membuat sebuah screening bertujuan mengumpulkan donasi seperti korban bencana alam, anak-anak di panti asuhan, atau korban kerusuhan, para calon penonton pun memiliki alasan lebih untuk akhirnya memutuskan datang dan berpartisipasi dalam acara pemutaran kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *